June 16, 2016

BERKARYA UNTUK PERUBAHAN

NoteNo Comments

You Are Here:BERKARYA UNTUK PERUBAHAN

“Kamu ngerjain video gitu untungnya apa?”
“1 videonya dibayar berapa?”
Pertanyaan-pertanyaan itu dan semacam itu yang muncul ketika aku bercerita bahwa aku sedang mengerjakan video-video untuk #EasyEnglish.
Aku nggak tahu harus jawab gimana pertanyaan-pertanyaan itu. Karena kalau pertanyaannya seperti itu, maka kemungkinan besar prinsipku dan prinsipnya udah berseberangan. Apa yang aku yakini tidak menjadi apa yang mereka yakini. Tampaknya, apa yang aku kerjain itu nggak ada gunanya, kecuali kalau itu menghasilkan materi. Apakah bener kayak gitu? Aku pengen cerita sesuatu kali ini.

Seperti yang udah pernah aku ceritakan sebelumnya tentang #EasyEnglish, #EasyEnglish is a social education project yang diinisiasi oleh @karlinakuning sejak 2010 yang dimulai dari twitter. Jadi intinya membagikan ilmu tentang Bahasa Inggris di twitter melalui serial tweet dan totally free. Dibagi-bagiin aja. Kalau itu aku, belum tentu lho aku dalam sebulan bisa bertahan ngelakuin itu. Sebulan berikutnya mungkin aku udah quit.

Think English, Think Easy, itu adalah tagline dari #EasyEnglish. Kenapa seperti itu? Karena melalui #EasyEnglish, karlinakuning pengen menyebarkan cara belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan. Jadi, memang ada sebagian orang yang ketika ketemu Bahasa Inggris itu udah males duluan, karena kesannya itu sulit. Padahal dimana-mana juga bakal ketemu dengan Bahasa Inggris. Nah, #EasyEnglish pengen menghapus stigma itu.

Dari 2010-2016 (6 tahun men!) #EasyEnglish kemudian berkembang nggak hanya di twitter, tapi juga jadi siaran di radio, jadi buku, jadi video di youtube. Dan aku baru ketemu @karlinakuning tahun 2014 untuk jadi satu tim ngembangin #EasyEnglish di Youtube. Setelah video berjalan selama setahun, mulai deh satu per satu muncul testimoni tentang video. Lucu-lucu, bahkan sampai ada yang ngirimin foto lagi muter video #EasyEnglish waktu ngajar di kelas. Agustus 2015, kami mulai nge-release video #EasyEnglish dalam DVD, supaya makin banyak orang yang bisa merasakan manfaatnya. Karena ternyata nggak semua orang punya akses internet untuk streaming video di youtube kan? 😀 Dari Agustus 2015-Juni 2016 sudah tersebar sekitar 200 DVD #EasyEnglish di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Ini video interview tahun 2014 bareng @karlinakuning yang merangkum perjalanan #EasyEnglish selama ini.


Sekitar 2 bulan yang lalu aku bilang gini sama mbak Karlina, “Mbak, aku mau buat poster peta persebaran DVD #EasyEnglish..”
“Mau dibuat movement po?”, jawabnya.
“Hayokk, gimana caranya mbak?”
And, here we are now. 15 Juni 2016 ini kami mulai menggalang dana, melakukan social movement, #EasyEnglish Swaragama FM Berbagi Untuk Negeri. Awalnya, aku sama mbak Karlina cuma berpikir disebarin di internal link aja dulu. Tapi ternyata kemudian anggota tim bertambah dan berkembang, menjadi sebuah gerakan yang aku percaya bakal lebih massive dari yang sebelumnya kami pikir. Ada mbak Karlina di Jerman; mbak Rara di Jepang; aku, mbak Yusira, sama mbak Tika Yusuf di Indonesia. Hahihi..

Ini kemarin saat launching program #EasyEnglish Swaragama FM Berbagi Untuk Negeri.

Launching EasyEnglish Swaragama FM Berbagi Untuk Negeri
Aku, Yusira, dan Tika Yusuf (my favorite radio announcer :D). Yusira & Tika Yusuf adalah alumni Pengajar Muda Indonesia Mengajar.


Dan ini rekaman saat launching:


Sekitar setahun yang lalu, aku pernah nulis di blog (yang sekarang tulisannya hilang karena nggak tahu cara yang bener ngebackup data waktu mindah hosting kemarin) gini:
“Aku masih punya mimpi untuk #EasyEnglish. Aku pengen supaya #EasyEnglish bisa dijangkau sekolah SMP dan SMA di seluruh Indonesia.”
Sejatinya ketika aku menulis itu rada keder juga. Tapi yang aku yakini, kalau aku nggak berani menuliskan itu, maka semakin sulit hal itu diwujudkan. Makanya tak tulis aja. Soal terwujudnya kapan ya dilihat nanti aja, gitu. Eeee.. sekarang.. Aku bersyukur banget.

Aku harap cerita ini bisa menjawab pertanyan-pertanyaan tadi. Sekarang aku makin yakin bahwa karya yang kami buat di #EasyEnglish tidak sedang berteriak di ruang-ruang kosong. Kami berkarya untuk perubahan. Berkontribusi untuk negeri ini. Dan satu hal lagi, aku hanya sedang belajar untuk menjadi pribadi yang bermakna.

*jadi aku adalah akademia jogja yang pernah ditelpon sampe 3 kali untuk ikut kuis-kuisan yang aneh-aneh itu. Sampe aku mbatin, kalau besok aku dihubungi lagi sama Swaragama, aku harus naik level. (Pesannya adalah hati-hati dengan prasangkamu. Bukankah Tuhan bilang bahwa Dia sesuai dengan prasangka hamba-Nya?)*

About the author:

Eria Arum adalah seorang yang passionate di bidang ilustrasi dan motion graphic. Saat ini tengah membuat English Learning Video untuk #EasyEnglish @karlinakuning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top