Belajar Value dari KK

Belajar Value dari KK

Sekitar 2 tahun yang lalu, itu kali pertama aku ketemu Miss @karlinakuning. Berawal dari rajin ngikutin #easyenglish, kok ya aku pengen buatin video, kemudian kok ya ditanggepin serius 😙. Nggak kebayang banget, ditanggepin serius, terus malah masih lanjut sampai sekarang. Ooo yaa… rezeki kan nggak melulu soal uang.

Aku paling seneng ketika ketemu sama Miss K. Kenapa? Karena aku selalu dapet insight baru. Setidaknya, kalau hari itu nggak dapet insight baru, pasti kena ambience positifnya. Karena Miss K itu cheerful banget. Bahaha.. Eh.. ini bener lho tapi.

Dari obrolan-obrolan singkat, dari sering komunikasi sama Miss K, aku dapat beberapa value yang mungkin ini bisa diikutin siapa aja, termasuk aku. Antara lain:

>> Tepat Waktu
Miss K itu orangnya tepat waktu, bahkan datang sebelum waktunya. Misalnya, janjian makan jam 12.00. 11.50 Miss K udah nge-WA aku, “on the spot..”. Aaaaaakkkkk.. aku masih di jalaaaannn 😱. Kebayang nggak sih, itu cuma janjian makan, kalau aku jadi muridnya apa aku nggak disuruh pulang aja kalau aku telat 🙈. Itu prinsip. Itu disiplin.

>> Punya Mimpi
Miss K pernah cerita sama aku, kalau dulu waktu S1 dia udah mikirin tesis. Terus dia juga punya target untuk selesai S3 sebelum 35. Penelitiannya pun dari S1-S3 akan saling berkaitan. Kebayang nggak sih, saat yang S1 aja banyak yang berprinsip yang penting lulus dan dapet ijazah, eeehh.. Miss K udah mikirin tesis. Dan S3-nya gimana? Dapet boo.. Dapet beasiswa untuk S3 di Jerman. Minggu depan Miss K udah menatap langit dari Jerman.

Ayah Edy bilang dalam salah satu bukunya, intinya kalau pengen profesional kelasnya jangan kelas kampung, tapi levelnya dunia. Sejak aku tahu Miss K dapet beasiswa ke luar negeri, entah kenapa luar negeri serasa lebih dekat. Aku jadi pengen ke luar negeri. Caranya gimana? Aku juga belum tahu. Mungkin karyaku yang ngebawa aku ke sana. Impian besarku adalah punya karya yang mendunia. Allah pemilik seluruh dunia ini, baik yang di langit maupun di bumi. Jika Dia sudah berkehendak, nggak ada yang nggak mungkin.

>> Mudah Mengapresiasi & Berpikir Positif
Waktu aku dulu ngetweet video yang aku buat pertama kali, tanggapan Miss K adalah “Bagus bangeeettt.” Padahal dalam batinku, apa nggak berlebihan Miss K bilang kayak gitu..😒 Waktu aku pertama kali ngebuat karakternya bisa ngomong, waktu aku buat orang lari, waktu ngebuat karakternya nangkep jangkrik, itu juga diapresiasi sama Miss K. Padahal aku ngerasa awal-awal videoku itu freak banget. Sekarang lebih lumayan lah. Tapi karena apresiasi itulah aku jadi semangat untuk ngebuat video yang lebih baik lagi.

Dalam batinku, ooooo gini ya rasanya diapresiasi. Dari situ aku belajar untuk mengapresiasi usaha orang lain. Karena ternyata apresiasi itu dampaknya luar biasa, setidaknya bagi aku. Aku inget banget Pak Munif Chatib bilang, “Kalau ketrampilan seseorang diapresiasi, dia akan melejit.”

>> Seneng Berbagi
Miss K itu foundernya CAC Jogja, relawan Kelas Inspirasi, ngisi kelas Akademi Berbagi, #easyenglish pun itu project berbagi ilmunya. Passionate banget dalam berbagi. Dari #easyenglish aja yang awalnya hanya diniatin untuk berbagi, 4 tahun kemudian dihubungi penerbit dan jadi buku, #easyenglish pun kemudian jadi konten di radio. Dan semua kegiatan berbaginya itu dibales sama Allah dengan tercovernya biaya S3 ke luar negeri dengan beasiswa.😱

Miss K itu orangnya asik banget, ekpresif banget, humble, bisa memposisikan diri sebagai teman, supportive, suka bercanda, tapi tegas pun bisa, serius bisa.

Entah sudah berapa orang yang nanyain aku soal EE begini, “Kamu dibayar berapa?”. Akhirnya aku ceritain lah, kalau #easyenglish ini project sosial edukasi. Sejak diawali sama Miss K itu juga niatnya untuk berbagi. Jadi ya nggak dibayar, sifatnya sukarela. Sekalipun sukarela, bukan berarti terus aku sak karepe dhewe 😑. Sesuai kesepakatan di awal, kalau hari Jumat ya harinya #easyenglish.

Miss K ngasih aku wadah untuk bereksperimen dengan videoku, mengasah skill-ku melalui EE. Bisa dilihat kok itu dari video EE awal-akhir. Beda banget. Nggak cuma belajar untuk ngebuat video lebih baik lagi, tapi juga ngebuat aku belajar untuk berbagi, belajar konsisten & persisten terhadap passionku dan punya impact for the society. That’s more precious than money.

Dari kenal sama Miss K dan EE, kemarin mulai dapet pesenan video dari temennya Miss K, bisa dapet kesempatan untuk ngisi ilustrasi bukunya Miss K (#EasyEnglish Part 2), juga sempet ada yang minta tanda tanganku sebagai video-maker-nya EE (ini nggak penting sih..😆). Yaa.. ini sebagian dari edisi berkahnya #easyenglish, menurutku. Dan tentunya itu nggak terlepas dari peran Miss K di dalamnya. That’s why, I adore her and respect her.

IMG_20160310_184304
Kemarin, terakhir ketemu Miss K sebelum berangkat ke Jerman, aku dikasih jam. Katanya biar tiap waktu inget dia. Bahaha.. Kalau begini nggak cuma inget, tapi seluruh value yang aku dapet juga inget. Obrolan di warung lotek pun aku masih inget 😂. “Kalau kamu punya mimpi, pegang itu terus; konsisten; kalau perlu nazar; dan cepatlah move on!”, gitu katanya.

Teriring doa selalu untuk Miss K 😘.. Keep inspiring.. Keep charming.. Dan tetep kecee!

8 Comments

  1. Emang karya anda simple tapi kreatif…. susah buat yg seperti itu. Saya rekan kerja Miss K di LIA…saya jg suka grafis tapi ya krn FU-faktor usia-jd ya hasilnya terbatas. Tapi passion nya tetap membara. Misal 2 minggu terakhr bljr blogger dr mbah google…eh bisa jg. Finally, boleh ndak minta bantuan bikin animasi buat iklan LIA…..

  2. Hi Eria, aku partner kerjanya Karlina di beberapa project. Karlina sering cerita soal kamu. Aku juga suka karya kamu dan they are all amazing. Mau kah kalau dirimu aku liput untuk majalah fakultas Pendidikan Sanata Dharma utk rubrik Tech-Savvy? Karena video2mu itu cukup viral di antara netizens, jadi seoertinya menarik kalau diangkat ke majalah. Bisa minta kontak kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *